Tingkatkan Kompetensi Pengajar Bahasa Arab dengan Pelatihan Miftah Lil Ulum

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More
Minggu lalu, tepatnya Jumat, 9 Maret 2018 MAN 2 Kota Malang mengadakan pelatihan membaca kitab kuning. Pelatihan sesi pertama ini dilaksanakan di Mini Hall PSBB MAN 2 Kota Malang mulai pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore. Pelatihan membaca kitab kuning kali ini menggunakan metode Miftah Lil Ulum. Sebuah metode cepat baca kitab kuning yang digagas oleh Pondok Pesantren Sidogiri. 3 pengajar sengaja didatangkan jauh-jauh dari Ponpes Sidogiri untuk menjadi pemateri bagi pengajar bahasa Arab dan PAI di lingkungan MAN 2 Kota Malang dan Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang.

Metode Miftah Lil Ulum memang cukup efektif untuk mengajarkan baca kitab kuning secara cepat. Tujuan pelatihan ini supaya siswa yang nantinya mengikuti pelatihan membaca kitab kuning tetap mendapat pengawalan yang baik dari pengajar MAN 2 Kota Malang. 

Metode Miftah Lil Ulum fokus pada pembahasan nahwu dan sharaf (gramatika bahasa Arab) dengan pemaknaan jawa (pego). Selain itu, metode ini dilengkapi dengan lagu-lagu populer (Indonesia dan Jawa) yang telah digubah liriknya sedemikian rupa. Salah satu ciri khas metode ini adalah metode bertanya kepada santri. Ada rangkaian pertanyaan yang harus diikuti demi mengetes pemahaman peserta didik. Metode ini juga dilengkapi dengan slide powerpoint yang interaktif dan menarik. 

Jumat ini (16/03) pelatihan baca cepat kitab kuning memasuki sesi 2. Acara dimulai pada pukul 7 pagi, sama seperti pada minggu sebelumnya. Kali ini hampir keseluruhan peserta pelatihan yang hadir didominasi oleh pengajar dari Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Peserta masih sangat bersemangat mengikuti pelatihan sampai selesai di sore hari. Selepas Asar, pelatihan selesai. Diadakan sesi foto bersama antara pengajar dan peserta pelatihan. Harapan selanjutnya semoga kerja sama yang terjalin antara pihak MAN 2 Kota Malang dengan pihak Sidogiri tetap berlanjut dan tidak berhenti meskipun pelatihan baca kitab kuning ini telah usai. (Amin/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *